Headlines News :
Home » , , , » Profil Desa Woro Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro Prov. Jatim

Profil Desa Woro Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro Prov. Jatim

Written By kimbintangtimur.com on Senin, 12 Mei 2014 | 11.00

Sejarah Desa Woro

Menurut Cerita orang tua , pada zaman dahulu kala Desa Woro belum mempunyai nama. pada waktu itu ada sekelompok penjajah  yang sedang melakukan patroli. Ketika pasukan Belanda tampak dibatas desa, seketika itu  ada sekelompok masyarakat yang mendengar suara Mobil Tank. Mereka beranjak dari tempat duduknya. Mereka mendengarkan suara itu dengan penuh keprihatinan, sebab serdadu itu apabila melihat orang pribumi langsung ditangkap dan dijadikan budak dan disuruh kerja Rodi (Kerja Paksa). Kejadian itu membuat sangat prihatin orang pribumi

Pada tahun berikutnya terjadi lagi sekelompok orang pribumi kumpul-kumpul diperbatasan Desa. Mereka membuat rencana bagaimana seandainya serdadu itu kembali lagi, karena pada waktu itu alat komunikasi belum ada seperti zaman sekarang, akhirnya salah satu dari mereka mempunyai gagasan bagaimana serdadu bila datang untuk siap-siap kentongan tiap rumah. Ketika serdadu datang kentongan dibunyikan, akhirnya orang-orang setuju dengan ide itu. Kemudian mereka menyiapkan kentongan  yang tujuannya woro-woro bila serdadu telah datang lagi. 

Ternyata di kemudian hari serdadu datang lagi dan mereka semua memukul kentongan sebagai tanda bahaya agar semua penduduk cepat-cepat meningggalkan rumah demi keamanan. Di antara penduduk itu ada salah satunya tentara dari Mataram yang tinggal bersama dan diangkat sebagai pemimpin, Dia Berkata “ Besok Yen Ono Rejane Zaman, Desoiki  Tak Arani Deso Woro”. Maka sampai dengan sekarang desa ini disebut Desa Woro. 

Itulah sejarah singkat Desa WORO yang sampai sekarang ini menjadi Desa yang makmur tentram dan sentosa.

Adapun   Lurah  /  Kepala  Desa  yang  pernah  menjabat  hingga  sekarang  adalah  sebagai berikut : KH. HUSEN ( ......s.d 1926 ), H. AHMAD ( tahun 1926 s/d 1974 ) SUTRISNO ( 1974 s.d 1985 ) H. IMAM SUPRIJADI (tahun 1985 s.d 2008), KAMAD, S.Pd., MM. ( tahun 2008 – 2014 ), ARIS AFANDI (Mulai 16 April 2014 – Sekarang)


PETA DESA WORO


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

By : KIM Bintang Timur

Jumlah Kunjungan

Arsip Blog

Kasih Jempol Ya...!

 
Blog Site : http://kimbintangtimur.blogspot.com/
Copyright © 2011. KIM Bintang Timur - All Rights Reserved
Editing Template By : Team Of KIM Bintang Timur
Sekretariat : Jl. Baureno - Kepohbaru No.115 Ds. Woro Kec. Kepohbaru Kab. Bojonegoro Prov. Jatim